Tips Sederhana Menyimpan Susu Formula agar Tetap Aman

Tips Sederhana Menyimpan Susu Formula agar Tetap Aman

Nutrisi untuk tumbuh kembang anak bisa didapatkan dari susu. Pada kemasan susu tertera tanggal kedaluwarsanya hanya saja setelah kemasan dibuka agar susu tetap tahan lama dan aman. Anda perlu melakukan penyimpanan aman agar kualitas susu tetap terjaga. Berikut ini tips sederhana yang bisa Anda terapkan dalam penyimpanan susu formula.

  1. Gunakan Wadah Tertutup

Saat Anda telah membuka susu jangan biarkan tetap terbuka tanpa penyimpannya. Susu yang terbuka dan terkena udara terus menerus akan merusak kualitas gizi yang ada pada susu. Jika susu memiliki kemasan yang di dalamnya menggunakan aluminium foil Anda bisa melipat atau menggulungnya agar tidak terkena udara.

Lantas jika kemasan susu hanya berupa bungkusan biasa, Anda sebaiknya menyimpan langsung ke dalam wadah. Menyalin sisi susu formula ke dalamnya atau langsung menyimpannya dengan plastik pembungkus susu tersebut. Pastikan wadah yang digunakan memiliki tutup yang rapat sehingga tidak dimasuki udara. Anda juga harus memastikan kebersihan wadah yang digunakan.

Jangan gunakan wadah yang lembap atau berbau karena susu formula akan menyerap bau udara tersebut dan membuat rasa susu menjadi berubah. Saat Anda mengambil susu bubuk di dalam wadah tutup kembali hingga rapat. Jangan meninggalkan sendok di dalam wadah apalagi dalam keadaan basah.

  1. Jangan Terkena Panas

B Sinar matahari yang panas akan membuat suhu di dalam kemasan menjadi meningkat yang akan membuat bakteri jahat berkembang. Bakteri yang timbul akan mengganggu pencernaan bayi Anda. Sebaiknya Anda menyimpan susu di dalam lemari agar tidak terkena panas matahari.

Cara yang lebih aman dalam penyimpanan agar tidak berkembang bakteri adalah menyimpannya di dalam lemari pendingin. Anda bisa menyimpan susu formula bayi yang sudah dimasukkan wadah pada suhu 10 sampai 15 derajat celcius. Jangan simpan di bagian yang beku karena dapat membuat susu menjadi lembap dan menggumpal.

  1. Perhatikan Kedaluwarsa

Saat membeli susu pilihlah yang jangka waktunya masih dalam waktu minimal satu tahun lagi. Langkah yang lebih cerdas dengan memperkirakan bahwa susu akan habis 6 bulan sebelum masa kedaluwarsa. Langkah ini bertujuan agar Anda tidak memberikan bayi susu yang sudah ditumbuhi bakteri.

Anda dapat melihat jika susu sudah basi maka akan ada perubahan partikel karena telah menyerap uap air yang ada di udara. Tanda lainnya susu akan berbau tengik yang disebabkan susu telah terpapar udara panas dengan perubahan warnanya.

Belilah susu formula untuk bayi dengan memperhatikan komposisi yang ada di dalamnya. Lihat juga penggunaan sesuai dengan usia bayi Anda. Anda bisa mendapatkan susu berkualitas di toko perlengkapan bayi orami.com. Bagi yang berada di sekitar wilayah Jakarta bisa belanja murah di JGOS 2018 dengan berbagai produk yang tersedia.